19 Film Romantis Indonesia Sepanjang Masa, Akan Ada Tahun 2022

Posted on

Siapa yang tidak suka film romantis? Film yang menceritakan kisah cinta dua insan ini memang menjadi salah satu yang digandrungi masyarakat Indonesia. Banyak film romantis Indonesia yang berkualitas tinggi, tidak busuk dan bisa dibandingkan dengan film luar negeri.

Salah satu aktor terkenal yang sering membintangi film romantis adalah Reza Rahardian. Aktor yang sangat berbakat ini tidak pernah gagal memerankan karakter pria tercinta dalam sebuah film romantis. Tentu banyak aktris dan aktris yang tidak kekurangan bakat.

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi film percintaan dan romantis karya sutradara Indonesia, kami sudah punya daftarnya. Di bawah ini kamu bisa simak daftar film romantis karya sineas Indonesia yang dianggap terbaik sepanjang masa

Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. AADC

Siapa yang tidak kenal dengan film romantis yang satu ini? AADC atau Ada Apa Dengan Cinta adalah film romantis yang dirilis pada tahun 2002 yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Adinia Wirasti, Sissy Priscilla dan lain-lain.

AADC bercerita tentang cinta SMA antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Cerita dimulai ketika Cinta kalah dari Rangga dalam sebuah kontes puisi, seorang anak laki-laki yang terkenal sebagai pencuri.

Dari sinilah Cinta ingin mewawancarai Rangga, namun sikapnya yang arogan dan acuh tak acuh membuat Cinta kesal. Akhirnya keduanya menjadi dekat dan Cinta jatuh cinta pada Rangga. Masalahnya, kisah cintanya tidak semulus yang dibayangkan, karena membuat Cinta menjauh dari teman-temannya.

Lalu, siapa yang akan Cinta pilih? Apakah kekasih Rangga itu sahabat? Jika Anda belum pernah menonton film ini, segeralah menontonnya. Anda pasti tidak akan menyesal, karena film ini menjadi ikon dan dicap sebagai salah satu film legendaris di industri perfilman Indonesia.

2. Ayat Asmara

Mau nonton film romantis Indonesia bernuansa islami? Bisa coba lihat Ayat Cinta. Film yang diangkat dari novel Habiburrahman El-Shirazy dengan judul yang sama, menjadi kontroversial karena mengangkat isu poligami.

Meski menuai kontroversi, Ayat-ayat Cinta tetap sukses dan menjadi salah satu film terbaik di Indonesia. Film ini bercerita tentang Fahri (Fedi Nuril), seorang mahasiswa master di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Fahri ingin menikah setelah lulus, meskipun dia tidak memiliki hubungan dengan seorang wanita. Bahkan banyak yang tertarik padanya, misalnya Maria Girgis (Carissa Puteri), Nurul (Melanie Putria), Noura (Zaskia Adya Mecca) dan Aisha (Rianti Cartwright).

Kepada siapa Fahri menyerahkan hatinya? Karena kami anti spoiler, kalian bisa tonton sendiri. Dan buat kalian yang sudah nonton Ayat-Ayat Cinta sudah ada sekuelnya yang berjudul Ayat-Ayat Cinta 2.

3. Habibi & Ainun

Habibi & Ainun adalah film romantis karya sutradara Indonesia yang wajib ditonton, minimal sekali seumur hidup. Film yang diadaptasi dari Hadiah Nobel, Ainun karya BJ Habibie ini merupakan salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa.

Seperti judulnya, film ini menceritakan kisah cinta antara BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie. Film ini menceritakan pertemuan pertama sampai istrinya meninggal selamanya karena kanker.

Ainun diperankan oleh Maudy Ayunda, dan BJ Habibie diperankan oleh Reza Rahardian. Akting mereka berdua sukses, karena Habibi & Ainun berhasil masuk box office Indonesia, dengan jutaan penonton.

4. Dilan 1990

Mungkin belum ada yang pernah menonton Dilan 1990, film romantis Indonesia yang sedang booming. Dilan 1990 merupakan film yang bisa masuk jajaran film box office di bioskop Indonesia, dengan penonton jutaan orang.

BACA SELENGKAPNYA  Aplikasi Taspen Pengesahan Dana Pensiun PNS 2022 Terbaru

Dilan 1990 berlangsung di Bandung pada tahun 1990, menceritakan kisah cinta karakter utama, Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Milea adalah murid pindahan yang datang dari Jakarta ke Bandung, dan didatangi Dilan di sekolah.

Karena reputasinya yang buruk, Milea tidak senang dengan Dilan. Namun seiring berjalannya waktu, Milea akhirnya luluh dan memutuskan untuk berkencan dengannya. Cerita yang diadaptasi dari novel Pidi Baiq ini masih memiliki sekuel, yaitu Dilan 1991 dan Milea.

5. Twivortiare

Twivortiare adalah film percintaan Indonesia yang dibintangi oleh Beno (Reza Rahardian) dan Alexandra Rhea (Raihaanun). Keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama, lalu memutuskan untuk berkencan dan menikah.

Namun karena kesibukannya, terutama Beno yang merupakan seorang ahli bedah jantung ternama, tetangganya semakin terancam. Tidak lama setelah dua tahun menikah, pasangan itu memutuskan untuk bercerai, meski masih ada cinta di antara mereka.

Namun, setelah bercerai, beberapa kejadian tak terduga kerap mempertemukan mereka berdua. Bisakah mereka bersatu kembali? Jika Anda penasaran dan belum melihatnya, Anda bisa menontonnya. Oh ya, selain Reza dan Raihaanun, aktor terkenal yang membintangi film ini adalah Denny Sumargo dan Anggika Bolsterli.

6. Galih & Ratna

Galih & Ratna juga merupakan salah satu film romantis terbaik Indonesia yang merupakan remake dari film Gita Cinta tahun 1979 dari SMA yang telah diputar. Film ini menceritakan kisah cinta Galih (Refal Hady) dan Ratna (Sheryl Sheinafia).

Mereka mulai berkencan karena sama-sama tertarik pada musik. Namun, apakah ada beberapa perbedaan yang mengancam hubungan mereka? Melalui film ini, Anda akan mengikuti kisah cinta remaja yang manis, pahit dan pahit yang membuat Anda tidak bisa move on.

7. Layla Majnun

Sudah baca novel Layla Majnun karya Nizami Ganjavi? Jika demikian, novel tersebut telah diadaptasi secara bebas oleh sutradara Indonesia, dengan judul yang sama, yaitu Layla Majnun. Karena gratis, tentu ada sentuhan Indonesia di dalamnya.

Layla (Acha Septriasa) adalah seorang novelis dan dosen yang karyanya diakui di luar negeri. Ia mendapat kesempatan menjadi dosen di Azerbaijan. Namun, ia merasa dilema, karena ia bertunangan dengan Ibnu (Baim Wong), teman masa kecil yang sering membantu keuangan keluarganya.

Demi keluarga, ia menerima perjodohan, tetapi meminta izin untuk tetap menjadi dosen di Azerbaijan. Masalahnya, di negeri asing itu, ia justru jatuh cinta pada anak muridnya yang juga tertarik dengan novelnya.

8. Tidak sempurna

Selanjutnya adalah Imperfect: Career, Love and Scales, sebuah film romantis Indonesia yang disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini diangkat dari novel karya istrinya, Meira Anastasia. Tidaklah sempurna untuk menceritakan tentang perubahan seseorang menjadi lebih baik.

Bercerita tentang seorang wanita gemuk dan pemakan bernama Rara (Jessica Mila), yang diintimidasi di tempat kerja karena tubuhnya yang tidak biasa. Namun, Dika (Reza Rahardian) melihat kecantikan Rara yang sebenarnya, dia mendekatinya dan ingin menjadikannya pacarnya.

Film tersebut dinilai sukses dan ditonton jutaan orang di bioskop. Film bergenre drama, komedi dan keluarga ini mendapatkan rating yang sangat baik di IMBD yaitu 8.1/10. Jika Anda belum menontonnya, jangan lupa untuk menambahkan Imperfect ke daftar whis.

BACA SELENGKAPNYA  Download Instander Apk Mode Instagram 2022, Fitur Lengkap!
9. Dua Garis Biru

Film percintaan masa SMA ini banyak mengandung pelajaran, bahwa dalam sebuah hubungan pasti ada batasannya. Dua Garis Biru adalah sebuah drama dan film keluarga dengan karakter utama Angga Yunanda (Bima) dan Dara (Zara JKT48).

Mereka adalah siswa SMA yang menjadi sepasang kekasih. Sayangnya, mereka memiliki hubungan terlarang yang membuat Dara hamil, meskipun dia masih muda. Akibatnya, keduanya harus menanggung risiko yang tak terbayangkan dari tindakannya.

10. Positif

Film romantis Indonesia selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Posesif. Film ini menceritakan kisah cinta beracun antara dua orang. Ini bisa menjadi pelajaran bagi mereka yang sedang menjalin hubungan (baik berpacaran atau sudah menikah), bahwa hubungan yang beracun itu tidak baik.

Posesif menceritakan kisah cinta antara Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken), yang bersekolah di SMA yang sama. Lala, atlet lompat cantik, mengalami hal yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya menjalin hubungan dengan Yudhis, cinta pertamanya.

Apa hubungan antara keduanya? Siapa yang posesif? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menonton sendiri film ini. Film berdurasi 1 jam 42 menit ini cukup bagus untuk mendapatkan rating yang bagus di IMDB yaitu 7.3/10.

11. Surat cinta untuk Starla

Selanjutnya ada Love Letter to Starla yang menceritakan tentang Hema (Jefri Nichol), pria yang gemar menulis surat cinta untuk alam. Namun, sebelum dia bertemu Starla (Caitlin Halderman), yang bisa membuatnya jatuh cinta selama 6 jam.

Hema menyadari bahwa surat cinta yang ditulis untuk Starla lebih indah daripada surat cinta untuk alam. Sayangnya, Starla tiba-tiba pergi, dan menyuruh Hema melupakan kisah indahnya selama 6 jam.

12. AADC 2

Film tersebut merupakan sekuel dari AADC yang tidak kalah populer dari film pertamanya. Masih membicarakan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) yang sudah beranjak dewasa.

Menurut cerita, Cinta adalah pemilik Mini Pop Art Cafe di Jakarta, sedangkan Rangga adalah pemilik kedai kopi di New York City. Atas desakan adiknya, Rangga kembali ke Indonesia untuk menemui ibunya dan sekaligus bertemu Cinta.

13. Rudy Habibie

Bagi yang ingin mengetahui kisah cinta BJ Habibie sebelum bertemu dengan Ainun, Anda bisa menonton film ini. Rudy Habibie merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun yang menceritakan kisah BJ Habibie (Reza Rahardian) muda saat masih kuliah di Jerman bersama teman-temannya.

Di Jerman, ia bertemu dan jatuh cinta dengan Ilona Ianovka (Chelsea Islan), seorang wanita Polandia. Selain kisah cintanya, film ini juga menceritakan kisah BJ Habibie yang ingin memajukan Indonesia, meski banyak rintangan.

14. Toko Barang Bekas

Toko Barang Bekas menceritakan tentang Tristan (Reza Rahardian) yang mendirikan toko bernama Toko Barang Bekas. Ya, toko ini membeli barang-barang yang disediakan oleh mantan, sehingga orang yang bersangkutan bisa cepat.

Cerita semakin menarik ketika Laras (Marsha Timothy) datang ke toko untuk menjual cincin pertunangan. Barrel sendiri adalah mantan pacar Tristan saat kuliah. Merasa memiliki peluang, Tristan bertekad memenangkan hati Laras, salah satunya mensukseskan tokonya.

15. Teman Tapi Pernikahan 1 & 2

Friends But Married didasarkan pada kisah nyata, menceritakan dua teman baik yang akhirnya menikah. Film pertama bercerita tentang Ayu (Vanesha Priscilla) dan Ditto (Duke Dolken), dua sahabat baik yang akhirnya jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

BACA SELENGKAPNYA  Download ML Mod Apk Terbaru 2022 (Unlock Hero, Diamond)

Film kedua menceritakan kisah tenang Ayu (Rose Eva) dan Ditto (Duke Dolken) yang tinggal di sebuah rumah dengan rempah-rempah. Bagi Anda yang menyukai film percintaan dari sahabat menjadi kekasih kemudian menikah, film ini sangat cocok untuk ditonton.

Film Romantis Indonesia Terbaru 2022

Berikut adalah film romantis kami yang baru dirilis:

1. Nathan yang terhormat: Terima kasih Salma

Film tersebut merupakan sekuel dari film pertama berjudul Dear Nathan (2018) yang menceritakan kisah cinta Nathan dan Salma. Dikisahkan, di film kedua ini Nathan dan Salma sedang mengalami LDR alias hubungan jarak jauh.

Kesibukan Nathan menjadi aktivis kampus yang mengurangi intensitas hubungannya dengan Salma. Sementara itu, Salma sangat dekat dengan Afkar yang mengatakan banyak hal yang sama padanya dan mengenalnya lebih baik.

Salma dan Afkar memiliki perasaan satu sama lain, meskipun Salma menyadari tindakan mereka tidak harus dibenarkan. Lalu bagaimana kelanjutan dari ketiga kisah cinta tersebut? Film ini sangat direkomendasikan, karena chemistry yang luar biasa dari Jefri Nichol dan Amanda Rawles.

2. Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Film yang dirilis pada tahun 2022 ini menceritakan tentang Raja yang sama (Angga Yunanda) dan Asia (Putri Marino). Pemiliknya adalah orang tua tunggal yang penuh perhatian.

Berbeda dengan Raja yang ingin hidup mandiri seperti dua bersaudara lainnya, Asia berbeda. Dia ingin menyembah ibunya dan rela berkorban. Perbedaan prinsip ini adalah ujian antara cinta Raja dan Asia.

3. Ben & Jody

Selanjutnya adalah Ben & Jody yang menceritakan kisah Ben (Chicco Jericho) dan Jody (Rio Dewanto). Bertemu Rinjani (Hana P. Malasan), Jago (Reza Hilman), Tambora (Aghniny Haque) dan Musang (Muzakki Ramadhan).

Ben dan Jody memulai petualangan dan masalah baru yang lebih rumit dari sebelumnya. Padahal, masalah ini bisa mengancam nyawa. Namun, dia tetap waras karena drama persahabatan dan romansa romantis dengan teman baru.

4. Yuni

Bukan sekedar kisah cinta, tapi Yuni lebih dari itu. Ya, banyak yang bilang film ini sarat dengan pesan feminisme dan pemberdayaan perempuan. Namun, di beberapa daerah, nilai perempuan masih sangat rendah.

Sesuai dengan namanya, film ini menceritakan tentang Yuni (Arawinda Kirana), seorang gadis pintar yang tiba-tiba dilamar oleh seorang pria. Nyatanya Yuni masih ingin melanjutkan studinya demi menggapai cita-citanya. Tentu saja, Yuni juga menolak lamaran itu, tidak hanya sekali tapi beberapa kali.

Soalnya, Yuni juga takut, karena di rumahnya ada mitos bahwa perempuan yang menolak lamaran sama sekali tidak akan pernah bisa menikah. Untuk masalah akting dan film Arawinda Kirana yang dibawakannya, Yuni berhasil memenangkan Toronto International Film Festival.

Di atas adalah rekomendasi film romantis Indonesia yang bisa kamu tonton, minimal sekali seumur hidup. Beberapa film harus ditonton lagi karena sangat bagus. Film-film di atas bisa kamu tonton di platform streaming seperti Netflix, Disney + Hotstar, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.